PEMBENTUKAN KARAKTER YANG SEHARUSNYA DITANAMKAN SEJAK DINI

 Assalamualaikum wr.wb

    Pembentukan karakter yang seharusnya ditanamkan sejak dini yaitu seperti kejujuran, disiplin, empati, tanggung jawab, kerja keras, rasa hormat, dan kerjasama. Selain itu, mengembangkan keterampilan komunikasi, kreativitas, serta keinginan untuk belajar juga penting. Itu semua dapat membantu individu menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses dalam kehidupan. Berdasarkan pengalaman saya waktu kecil kejujuran adalah karakter yang sangat penting ditanamkan pada anak, dulu saya sangat sering berbohong waktu kecil karena menurut saya itu adalah bentuk perlindungan saya agar tidak dimarahi orangtua, contoh kebohongan yang pernah saya lakukan yaitu seperti ditanya sudah sholat atau belum saya menjawab sudah padahal belum sholat sama sekali, disuruh pergi mengaji saya malah pergi bermain bersama teman. Dulu saya menganggap berbohong adalah hal yang biasa atau wajar tetapi sekarang saya sadar bahwa kita harus menghilangkan sifat pembohong itu karena sifat pembohong akan terbawa sampai kita dewasa maka dari itu pentingnya orangtua atau pendidik harus menjadi panutan dalam kejujuran.

    Untuk mencegah anak berbohong, orangtua atau pendidik dapat mencoba beberapa strategi seperti: Tunjukkan perilaku jujur sebagai contoh yang baik bagi anak, ajari anak tentang mengapa kejujuran penting, seperti membangun kepercayaan dan menjaga hubungan baik, buat suasana di mana anak merasa nyaman berbicara tentang apa pun tanpa takut dihukum, jika anak membuat kesalahan, hindari menghukum dengan keras, tetapi ajarkan konsekuensi dari tindakannya, pujilah anak saat mereka jujur, sehingga mereka merasa dihargai atas perilaku positifnya, ajarkan anak cara menghadapi situasi sulit atau frustasi tanpa perlu berbohong, pastikan anak tidak terpengaruh oleh teman sebaya atau lingkungan yang mendorong berbohong, ajukan pertanyaan, dengarkan, dan berbicaralah tentang perasaan dan pengalaman anak. Setiap anak adalah unik, jadi penting untuk beradaptasi dengan cara yang cocok untuk karakter dan perkembangan anak Anda.

Komentar

  1. Bener banget Bunda kita sebagai calon ibu kita harus was-was untuk circle lingkungan anak kita

    BalasHapus
  2. Nasehat yang terbaik ialah berasal dari diri kita sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIDUPKU CERITAKU

MENGENANG MASA MASA PAUD

KESAN DAN PENGALAMAN SAYA MENJADI PENULIS BLOG