SAYA SIAP MENJADI GURU PAUD YANG MEMPUNYAI POTENSI DAN PERSIAPAN

Assalamualaikum wr.wb
  
    Mengambil jurusan pendidikan anak usia dini adalah pilihan saya sendiri, karna saya sangat menyukai anak kecil, saya juga ingin mempelajari lebih dalam lagi ilmu tentang anak karna menurut saya itu sangat penting dimasa depan nanti, untuk murid kita atau untuk anak kita nanti. Menjadi guru paud bukan hal yang mudah meskipun sekolah taman kanak kanak adalah sekolah untuk anak-anak usia dini yang usianya mulai dari 3 sampai 6 tahun. Sekilas orang akan berpikir bahwa mengajar di sekolah paud adalah cukup dengan bermain. Namun dibalik “jargon” tersebut, mengajar anak-anak usia dini adalah saatnya menanamkan fondasi kehidupan kepada anak.

    Disamping itu pula, anak-anak usia dini sedang dalam masa ingin mencoba dan mengenal sesuatu, mereka bisa sangat aktif. Oleh karena itu, guru-guru paud harus mampu menjadi teman yang baik dalam menemani anak-anak pada fase ini.  banyak hal penting yang harus dipersiapkan oleh paud sebelum beraktivitas bersama anak-anak setiap harinya. Hal hal yang perlu disiapkan ialah:

1. Sarapan 
     Sarapan harus dilakukan oleh paud sebelum mulai beraktivitas. Sarapan menjadi tenaga awal untuk bermain bersama anak-anak. Ingat, energy anak-anak usia dini itu sangat luar biasa. Mereka senang melompat, berlari juga menaiki permainan di play ground sekolah. Jadi, guru pun harus bersiap dengan aktivitas-aktivitas anak tersebut. Guru paud tidak boleh hanya duduk diam memperhatikan anak, guru paud harus energik dalam menemani anak.

2. Mengesampingkan permasalahan yang tengah dihadapi
     Ketika paud sudah berada di sekolah berarti harus sudah fokus dengan anak-anak murid. Apa pun permasalahan yang tengah dihadapi harus dikesampingkan sementara. Jangan sekali-kali membawa permasalahan ke dunia anak-anak karena anak-anak harus mendapatkan energi positif dari gurunya. Itulah kenapa guru paud harus mampu memahami anak dan harus professional.

3. Menguasai renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) perharinya.
     Ketika guru sudah berada di sekolah berarti guru sudah harus mengetahui secara komprehensif kegiatan hari itu mulai dari materi, aktivitasnya seperti apa, refleksi dan feedback untuk anak. Guru paud juga harus sudah mempersiapkan media pembelajaran harian jauh-jauh hari. Bahkan guru paud harus sudah tahu perkiraan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari anak, artinya guru paud harus mampu melakukan brainstorming dari materi yang akan disampaikannya. 

     Dari beberapa persiapan tersebut insyaallah saya akan berusaha dan mempersiapkan mulai dari sekarang agar saya bisa menjalankannya dengan baik dimasa depan nanti, insyaallah saya siap menjadi guru yang mempunyai potensi dan persiapan yang matang.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIDUPKU CERITAKU

MENGENANG MASA MASA PAUD

KESAN DAN PENGALAMAN SAYA MENJADI PENULIS BLOG